Kuliner Tradisional Ingkung Ayam Jawa di Ingkung Kuali Pajangan Bantul


Memasuki desa Guwosari Pajangan Bantul, banyak ditemui restoran yang menyajikan kuliner ingkung ayam jawa. Karena desa ini merupakan salah satu sentra kuliner ingkung ayam jawa di Jogja. Ingkung sendiri adalah olahan daging ayam utuh yang biasanya disajikan untuk acara syukuran dalam adat jawa.

Kali ini kami berkesempatan untuk mengunjungi Ingkung Kuali yang merupakan salah satu restoran pelopor ingkung jawa di daerah tersebut. Dinamakan Ingkung Kuali, karena proses memasknya menggunakan kuali gerabah yang terbuat dari tanah liat. 


Di sini suasananya sangat asri khas pedesaan dan jua menyediakan beberapa fasilitas seperti, tempat pertemuan dan tempat bermain untuk anak-anak. Selain itu juga ada fasilitas mushala, beberapa kamar mandi dan tempat parkir yang luas.


Pada kesempatan ini kami memesan ingkung varian original dan goreng. Harga satu porsi ingkung utuh mulai dari 120.000, namun kali ini kami memesan ingkung dengan porsi separuh dengan harga 75.000. Harga satu porsi ingkung ini belum termasuk nasi dan sayurnya ya gaes. Namun satu porsi ingkung ini bisa dimakan untuk 6 orang dewasa gaes.

Baik varian gorang maupun original bumbunya meresap sampai ke dalam. Saya merekomendasikan ingkung dengan varian original ya gaes, karena ingkung dengan varian ini tekstur nya sangat lembut dan empuk. Nah, kalau yang goreng ketika dingin akan terasa agak alot, jadi kalau pesan varian goreng harus segera disantap ketika hangat.

Posting Komentar

0 Komentar