Menyeberang ke Pulau Nusakambangan

Nusakambangan identik dengan penjara para napi kelas kakap, namun pulau ini bisa juga lho dikunjungi untuk wisata. Terdapat dua akses untuk masuk ke pulau ini, yang pertama naik perahu dari pantai teluk penyu dan yang ke dua melalui pelabuhan Cilacap yang biasa dilalui para napi. Saya menggunakan cara yang pertama untuk sampai ke pulau Nusakambangan. 


Pantai Teluk Penyu

Pantai teluk penyu merupakan pantai berpasir hitam dengan ombak yang sangat landai karena pantai ini menghadap ke timur dan tertutup oleh pulau Nusakambangan. Selain itu di Pantai ini terdapat pemecah ombak yang memanjang ke arah laut dan sering digunakan untuk tempat memancing ikan di ujungnya.

Sebelum masuk ke pulau Nusakambangan kalian akan masuk ke kawasan pantai teluk penyu terlebih dahulu. Di sini biasanya sudah banyak perahu nelayan di pinggir pantai yang siap mengantarkan wisatawan untuk menyeberang ke pulau Nusakambangan. Nahkoda akan menunggu penumpang perahunya hingga mencapai 4 sampai 6 orang dewasa, dengan ongkos Rp. 50.000,- untuk 2 kali penyeberangan. Namun jika kalian punya uang lebih bisa langsung nego harga dengan nahkoda perahu agar tidak perlu menunggu wisatawan lain yang akan menyeberang. Suasana di tengah laut pun sangat tenang karena cuaca nya sedang bagus ketika saya melakukan penyeberangan ke Nusakambangan. Sesekali kalian akan berpapasan dengan kapal kapal nelayan yang sedang mencari ikan.

Pulau Nusakambangan


Sesampainya di pulau, terdapat dua pilihan untuk mencapai ke pantai berpasir putih di pulau ini. Yaitu dengan berjalan kaki atau naik odong - odong dengan ongkos Rp. 10.000,00. Kalau menurut saya lebih seru jika berjalan kaki jarak yang ditempuh hanya sekitar 1 km dari tempat perahu bersandar. Pantai di sisi Utara pulau masih berpasir hitam yang sudah bercampur dengan pasir putih. Dari sini saya mulai berjalan kaki menuju ke selatan pulau untuk menikmati keindahan pasir putihnya. Di dalam pulau Nusakambangan juga terdapat benteng peninggalan Belanda yang digunakan untuk pengintaian, penjara dan juga ruang amunisi.


Jika sudah menjumpai benteng ini maka kalian sudah hampir sampai di pantai pasir putih. Masih banyak benteng lain jika kalian berjalan ke barat dari benteng ini, ada juga benteng yang dipendam. Sampai sudah kita di pantai pasir putih di pulau Nusakambangan. 



Posting Komentar

0 Komentar