Hidden Gems di Cilacap, Curug Mandala Air Terjun Hits di Kecamatan Jeruk Legi

 

Instagram @lubnanuraini

Tidak hanya Teluk Penyu dan Nusakambangan, Cilacap juga mempunyai tempat wisata hits yang patut untuk kalian kunjungi. Salah satunya adalah Curug Mandala ini yang berlokasi di desa Mandala kecamatan Jeruk Legi, Cilacap.

Curug Mandala ini terletak sekitar 17 km dari kota Cilacap, bisa dikatakan masuk ke dalam hutan karena belum banyak kawasan pemukiman penduduk di daerah ini. Jauh dari hiruk pikuk kendaraan membuat udara di daerah ini terasa segar sehingga sangat cocok buat kamu yang sedang mencari tempat healing.

Instagram @vdwiapriliyana

Aliran Curug Mandala ini tidak terlalu deras saat musim kemarau, bahkan di musim penghujanpun debit air di curug ini cukup kecil. Curug Mandala memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan dengan pemandangan air terjun bertingkat.
Masih banyak tanaman liar yang tumbuh di sekitaran Curug ini, untuk fasilitas sudah ada toilet. Untuk mencapai curug Mandala, kamu harus berjalan kaki dari tempat parkir dengan jarak sekitar 100 meter.

Instagram @wilytaqwa_jepret

Rute ke Curug Mandala

Apabila kamu dari kota cilacap ambil jalan menuju Jeruk Legi atau bandara Tunggul Wulung. Setelah melewati Bandara Tunggul Wulung kamu akan menemukan Alfamart Kreweng yang berada tepat di pertigaan.

Source google street view

Sampai di Alfamart ini kamu boleh belanja untuk perbekalan perjalanan kamu di Curug Mandala, belok kanan untuk melanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan lagi yang dekat dengan rel kereta api.

Source google street view

Sampai di pertigaan tersebut belok kiri dan ikuti jalan ini terus, sampai menemukan plang Curug Mandala.

Harga Tiket Masuk Curug Mandala

Curug Mandala dikelola oleh warga sekitar untuk untuk fasilitas parkir kamu cukup membayar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Untuk tiket masuk sendiri hanya berkisar Rp. 5000 rupiah saja.

Posting Komentar

0 Komentar